Salam

Assalamu'alaykum... :)

Rabu, 14 Desember 2011

Fakta ini, Fakta !!



                Okey teman-teman saya kembali menulis lagi, setelah lama di isi dengan aktifitas di sekolah, finally bisa share lagi ke semuanya. Hmm, berhubung dela abis ulangan, jadi dela bakal nulis hal-hal seputar ulangan . Okey, satu yang mau dela jadiin topic adalah, “Perilaku siswa-siswi, khusunya temen-temen dela yang ada di SMA ketika Ulangan”.
            Well, waktu dela ulangan kan , dela seruangan sama kaka kelas XII IPS 1, yahh awalnya seneng sih, soalnya jadinya kan sebangku sama kaka kelas, n otomatis kemungkinan teman-teman buat nyontek atau nanya ke dela berkurang gitu kan. HAHAHA .
            Okey then, ulanganpun dimulai. Yah, as usual gitu kan yah, mulai ada temen-temen ataupun kaka kelas yang tengak tengok  n lirik sana lirik sini, mulai ada bahasa isyarat di berbagai sudut ruangan.  Yah, apalagi kalau bukan nyontek? Kerja sama? Zzzz.  Tradisi buruk saya rasa. ==’
            Gak usah jauh-jauh deh yah, saya ambil contoh temen sebangku saya, kaka kelas, kaka kelas loh ini, kaka kelas, tau kan? Kaka kelas. Haha. Cewe yang kemarin duduk di sebelah dela itu kayanya sih pinter, soalnya dia ditanyain mulu. Satu yang dela heran, dia mau aja ngasi contekan setiap ditanya, caranya tuh ya, dia pura-pura baca kertas ulangannya dengan cara diberdiriin, biar yang di belakang bisa ngeliat. Ckckck. Ga cukup sampai disitu, temen yang nanya dari samping minta di smsin, dia smsin. Kok bisa sih smsan pas ulangan? Oh tentu saja, banyak cara kok kalau mau make hape pas ulangan ( udah lihat banyak cara, jarang nyoba) hahhah :D ada yang ngumpetin di kotak pensil, di balik kertas ulangan, di jepit di  pahanya, di kolong meja, etc. Padahal yah, dela sama kaka kelas cewe itu, kita beri dia inisial “K” aja yah, duduknya di depan, depan banget, pas depan pengawas. Depan idung pengawas tepatnya. Serius del? Terus kok gak ketauan sih? Nah, ini yang saya bingungkan. Dela itu gak bisa ngebedain pengawasnya  gak tau atau pura-pura gak tau.  Gimana yah, masa sih ada kaka kelas manggil c “K” segitu gedenya gak kedengaran. Kalau mau positive thinking sih, saya simpulkan bahwa pengawas tersebut mungkin sedang mengalami gangguan pendengaran, jadinya gak denger deh, ada siswi yang teriak depan mukanya.
            Alhamdulillahnya sih, gak semua pengawas seperti itu. Ada saja yang tegas banget, dengan cara mengumpulkan Hape tiap siswa, memarahi setiap ada gerak-gerik kecil sekalipun, kalau ada yang terlihat mencurigakan pengawas tersebut akan berkata pada siswa/I tersebut “ kamu sudah yah? Sini biar bapak ambil soalnya” haha. Seneng banget dengernya. Tapi yah, sayangnya itu seringnya jadi gertakan aja. Jarang diambil beneran. Padahal kan kalau mau menimbulkan efek jera, harusnya beneran ada satu dua anak yang diambil soalnya, selesai gak selesai kalo mencurigakan gitu. Biar yang lain takut.
            Saya sendiri bukan sombong termasuk salah satu anak yang dianggap bisa menjawab soal-soal ulangan dengan baik. Maaf, ini fakta :D Cuma dela itu pelit banget kalo ditanya, jadi kebanyakan anak sudah males nanya sama dela, karena ujung-ujungnya dela gak bakal ngasi tahu, n malah ngajak si penanya tadi main tebak-tebakan “no. 5? apa hayo , apa jawabannya? haha” . Kadang-kadang kalo lagi jahat sih, dela suka gede-gedein suara dela pas ngejawab yang ditanya temen, “ Apa? Hah? Nomor berapa?” hahha. Resiko sebenarnya, karena ada kemungkinan dela bakal dikiran sebagai penanyanya, bukan yang ditanya, plus temen-temen pasti jadi yang sebel-sebel gimana gitu. Tapi demi ketenangan dan kedamaian dunia akhirat saya selanjutnya, biar merekanya pada kapok gak nanya ke dela lagi, ya, i must take that risk, I think.
            Banyak banget sih, tekhnik siswa/i buat nyontek, semoga ada guru yang baca ini, biar kalau belum tahu, jadi tahu ya bapak ibu guru , and the techniques are :
1.     Paling sering, Hape
2.     Tukeran kertas waktu pengawas lagi keluar, atau lagi bengong, atau lagi tidur.
Oh iya, ada kata tidur yah itu? Kemarin nih yah, pas ulangan, masa ada pengawas yang tidur coba? TIDUR. Sekali lagi mungkin, TIDUR !! Mungkin dia lebih pantas kita juluki putri tidur kali yah, daripada pengawas. Atuh, gimana mau ngawas anak-anaknya kalo mata tertutup, pikiranpun sudah di alam mimpi?
3.     Dengan isyarat tangan, atau body language juga bisa.
Cara yang ini lumayan dahsyat nih, soalnya tidak terlalu mencurigakan. Ex : Pura-pura garuk-garuk hidung, dengan satu jari (maksdunya yah, nomor satu).
4.     Ngumpetin kertas contekan di balik clipboard, dibalik cover Hape, di balik kaus kaki, di kantung baju, di kolong meja.
5.     Simpen buku LKS atau catatan di bawah kolong meja/dijadiin alas buat nulis.
6.     Nulis jawaban di telapak tangan.
7.     Pura-pura ke WC, padahal… ==’
Buat yang satu ini, kemarin ada kaka kelas yang di sebelah dela, hapenya kan disita karena dia dicurigai melakukan kecurangan-kecurangan. Panic banget dong dianya, “gua nyontek darimana? Darimanaa??”, sambil nyakar-nyakar muka. Haha lebay banget.  ( gaya raditya dika yaa) Beberapa menit kemudian,  dia ijin ke kamar mandi, tapi tau gak ? baliknya, dia udah mendapatkan hape baru. Hahhah. Nemu dimana juga gak tau deh, heran dela juga. Masalahnya kan gak mungkin banget gitu dia masuk ke ruangan temennya yang lain terus minjem hape?  Bakal di makan sama pengawas mereun.
8.     Nanya ke temen-temen yang sudah beres , yang pada ngegelantung di pintu sama jendela depan kelas. (eh alamak, ngegelantung? Temen lu manusia mereun dela) hehe.
9.     Kalo cara frontal c, langsung nengok ke belakang, atau ke depan. Tapi yang ini biasanya beresiko banget. Untuk yang satu ini, ada kasus gini...
Si anak nengok ke belakang, ngeliat jawaban temannya. Terus kan ketauan sama pengawas, dia langsung bilang, “minjem penhghapus pak!”, (sambil ngambil penghapus temennya). Speak  banget tau gak sih..
10.                        Nanya ke yang disampingnya.
Nah, yang ini lucu nih, kan kalo nanya ke sebelah tuh suara ga mesti gede-gede, jadi kemungkinan ketauannya juga kecil. Parahnya kemarin itu dela duduk sama kakak kelas kan yah, masa, dia nanya coba ke dela? Woy ka, dela kelas X, kaka kelas berapa dih? XII kan yah? Ckckck. Dengan tampang penuh dosa, eh gak berdosa, dia nanya, “ ssht de, tau gak, ini artinya apa?”. Geleng-geleng kepala. Kok gak malu gitu ya? Apa yang terjadi denagn rasa malu yang seharusnya ada pada setiap individu tersebut? Apa mungkin si kaka lupa membawanya ke sekolah? Masih ketinggalan di tempat tidurnya? Atau di curi orang waktu di jalan? Wallahualam.
11.                        Dll
            Yah, itu tuh kalau mau tau fakta-fakta yang miris memang, but what can I say? It’s a fact. Oh iya, kalau mau tau kenapa dela nulis bisa nulis ini semua, jangan curiga kalo dela tau banyak karena sering ngelakuin yah.. kalo kata sahabat dela, “ kita tau, bukan karena pernah nyobain aja donk”, yup bener, ilmu darimana aja. Jadilah pemerhati yang baik. Dan kamu akan menemukan banyak pengetahuan baru ;D
            Dela gak mau yang baca note ini bosen, so, bersambung aja yah. Kalo disini dela nulis fakta-fakta miris yang terjadi pada saat ulangan, note selanjutnya Insya Allah isinya seputar  tips cara nyelesaiin masalah-masalah tersebut,  apa  yang bisa kita lakukan supaya itu semua beres? N kenapa sih, harus memberantas masalah-masalah tersebut?
            Okey, that’s it. Makasih banget buat yang udah baca. Semoga bermanfaat yah. Btw, tekhnik-tekhnik mencontek di atas BUKAN UNTUK DITIRU. ^__^

               


“Fitri Rosadela”
14 Desember 2011
12:48 AM
(Happy birthday mama) J

2 komentar:

  1. anak2 sekarang makin kreatif ya "kerjasama"-nya. ide2 yang bagus. hati2 del, malah jadi referensi;p

    keep blogging.. aku follow ya", kalau mau, tengok juga site aku letstelltales.blogspot.com

    BalasHapus
  2. iiya ka nayy. hahah :D
    insya Allah ga bakal... haha

    oke kanayy. sipsip hoho

    BalasHapus